Beberapa Tips Agar Bisa Tidur Dengan Nyenyak

tips tidur nyanyak

Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa tidur dangan nyenyak, seperti cara-cara yang oppiie.com kutip dari okezone berikut.
KUALITAS tidur dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya saja tidur dengan kondisi tirai terbuka, yang ternyata dapat membuat mata terjaga lebih lama.

Coba tutup jendela Anda dengan tirai dan lakukan sejumlah hal lainnya berikut ini agar tidur jadi lebih nyenyak;

Hindari pemakaian perangkat elektronik

Sering kali dibahas bahwa perangkat elektronik tak cuma mengubah perilaku, tapi dari segi biologis juga ikut terganggu. Salah satunya siklus sirkadian yang terus berubah dan tak menentu.

Agar tidur lebih nyenyak, jauhkan segala macam perabot elektronik yang dimiliki seperti laptop, smartphone, televisi, tablet dan sejenisnya.

Konsumsi walnut atau pisang

Saat tengah malam tapi perut lapar? Coba konsumsi makanan yang benar-benar bisa membuat Anda tenang dan mengantuk. Di antaranya makan walnut atau pisang yang mengandung tryptophan. Senyawa ini berupa asam amino yang berperan dalam memproduksi hormon serotonin di dalam tubuh.

Hindari makan besar

Konsumsi terlalu banyak makanan bukanlah cara mudah untuk memicu rasa kantuk. Justru hal itu dapat membuat Anda sulit tidur. Terlalu banyak makanan di lambung dapat membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman.

Jangan minum alkohol

Segelas wine mungkin jadi cara seksi mengantar Anda menuju dunia mimpi. Tapi ternyata hal itu hanya mitos.

Alkohol memang dapat membuat Anda mengantuk. Tapi dampaknya lebih serius dari itu, minuman beralkohol bisa mengganggu siklus tidur seseorang dan bangun dalam keadaan tidak enak badan. Lebih baik minum secangkir teh yang punya manfaat sebagai relaksasi alami.

Tutupi jendela dan kurangi pencahayaan

Terlebih saat bulan purnama, tutup jendela kamar Anda dan itu akan membuat tidur jadi lebih baik. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Current Biology, seseorang yang terpapar sinar rembulan dapat membuatnya terjaga lebih lama. Demikian sebagaimana dikutip Redbookmag, Sabtu (24/12/2016).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »