8 Hal Di Rumah Anda Ini Bisa Menyebabkan Stres yang Serius

stres

Stres tidak datang hanya dari tempat kerja, karena dari rumah sekalipun stres bisa bermula, seperti yang oppiie.com kutip dari liputan6 berikut.
Apakah stres yang Anda alami, mengganggu aspek kehidupan lainnya? Jika iya, maka mulai saat ini, Anda perlu mencari tahu hal-hal apa yang menyebabkan stres itu datang. Beberapa hal di dalam rumah ini terbukti dapat menambah kecemasan Anda. Mulai saat ini, barang-barang ini dapat disimpan atau disingkirkan untuk hidup lebih nyaman dan bahagia.

1. Kekacauan

Berdasarkan penelitian dari Center of Everyday Lives and Families (CELF), terbukti bahwa ada hubungan antara kortisol (hormon stres) yang tinggi dan orang yang memiliki rumah dalam keadaan kacau. Kacau di sini artinya adalah kertas berantakan, mainan di mana-mana, atau tumpukan cucian yang belum dibersihkan. Mulai saat ini, Anda tidak lagi memiliki alasan untuk menunda membersihkan rumah, bukan?

2. Suara berisik TV

Apakah Anda termasuk ke dalam orang yang memiliki kebiasaan menonton TV begitu tiba di rumah? Anda harus mulai menguranginya mulai dari saat ini, karena ternyata terlalu sering mendengarkan suara berisik dapat menyebabkan stres berlebihan. Belum lagi, akan banyak pekerjaan yang tertunda ketika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu menonton TV. Hal tersebut juga pasti dapat menyebabkan stres.

3. Makanan cepat saji

Anda adalah apa yang Anda makan. Ini benar. Berdasarkan penelitian dari Stress Management Society, makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh memiliki hubungan langsung dengan tingkat kecemasan yang dialami. Makanan sehat dengan kadar vitamin dan mineral tinggi akan membantu meredakan stres.

4. Arsip keuangan

Penelitian di Amerika membuktikan bahwa 75% masalah keuangan adalah sumber stres pertama dalam kehidupan masyarakat.
Anda memang tidak dianjurkan untuk membuang semua data keuangan Anda begitu saja, namun data tersebut dapat dikumpulkan dan diletakan di satu ruangan tersendiri. Contohnya kantor, sehingga di rumah Anda tidak lagi perlu memikirkan masalah ini.

5. Teman serumah

Hal ini tidak bisa dihindari. Ketika Anda tinggal satu rumah dengan siapa pun itu, entah dengan suami atau anak-anak, akan ada beberapa hal kecil yang menguras emosi. Entah itu suami yang tidak mau membantu membereskan rumah atau anak-anak yang tidak mau menyelesaikan makan malam mereka. Ketika hal-hal ini membuat Anda stres, begitu pun dengan semua orang yang berada di rumah itu. Pastikan bahwa Anda harus memiliki waktu untuk sendiri.

6. Cermin

Ternyata cermin bukan pilihan terbaik bagi dekorasi sebuah rumah. Berdasarkan penelitian dari Institute of Psychiatry di London, 50 orang mengakui bahwa mereka merasa stres setelah melihat penampilan mereka sendiri di dalam cermin. Sekarang mungkin Anda dapat membatasi meletakan cermin di beberapa bagian rumah.

7. Pekerjaan

Membawa pekerjaan kantor ke rumah mungkin tampak sebagai satu dedikasi yang hebat. Namun, jangan sampai Anda tertipu oleh logika ini. Berdasarkan penelitian dari Health and Safety Executive, membawa pekerjaan kantor ke rumah dapat menimbulkan efek negatif ke dalam kehidupan pribadi Anda dan menyebabkan stres. Daripada tidur larut setiap malam, lebih baik jadwalkan satu hari untuk terjaga sampai malam dalam seminggu. Itu cara yang lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran Anda.

8. Ranjang berantakan

Organisasi adalah kunci untuk menangani kerepotan dan stres sehari-hari. Anda harus mulai membiasakan diri untuk memulai hari dengan membersikan kamar tidur. Ranjang yang rapi dapat membantu Anda untuk tidur lebih baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »