Petani Kelapa Sawit Bersyukur Bermitra dengan Perusahaan Sukanto Tanoto : Asian Agri

Ayead Gaptek 1:25 AM
Memang tak banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia yang mau perduli dan membina para petani plasma atau pun swadaya. Namun hal tersebut ditepis dengan baik oleh Asian Agri, sebuah perusahaan kelapa sawit yang ada dalam naungan Sukanto Tanoto. Asian Agri telah berkomitmen untuk melakukan pembinaan bagi para petani untuk jadi mitra plasma dan swadaya. Tak hanya itu saja, Asian Agri juga mendorong para petani sebagai salah satu pemasok terbesar yang kedua di Indonesia untuk penuhi kualitas pasar sawit domestik dan internasional. 

Sukanto Tanoto

Jika pengembangan kapasitas para petani kelapa sawit ini terus dikembangkan, maka hal tersebut pastinya akan berdampak baik bagi kehidupan para petani sendiri, dan juga negara. Sehingga sangat penting sekali untuk bisa mengembangkan kapasitas petani, apalagi mereka merupakan penentu dari keberhasilan industri sawit yang ada di Indonesia. Asian Agri merasa memiliki kewajiban untuk terus membantu kembangkan kapasitas para petani sawit, agar kualitas sawit yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik.

Petani Kelapa Sawit Bersyukur Bermitra dengan Perusahaan Sukanto Tanoto : Asian Agri

Perlu untuk diketahui bahwa saat ini konsumen sawit semakin sadar akan pentingnya jaringan pemasok untuk mematuhi ketentuan keberlanjutan sebagai salah satu tanggung jawab terhadap kelestarian alam. Masing – masing pemangku kepentingan juga harus mengambil peran dalam membuka mata dunia terhadap industri kelapa sawit yang ada di Indonesia, termasuk Asian Agri sebagai salah satu perusahaan yang telah berkomitmen terhadap lingkungan dan juga kebun sawit yang lestari.

Jika berbicara mengenai keberlanjutan, Asian Agri dalam naungan Sukanto Tanoto berfokus pada intensifikasi, karenanya tanaman kelapa sawit yang ditanam harus dipastikan berkualitas. Pusat penelitian dan juga pengembangan Asian Agri juga terus mengembangkan pengetahuan serta teknologi yang bisa hasilkan benih kelapa sawit berkualitas. Benih kelapa sawit yang berkualitas dan praktek pengelolaan yang baik jadi kunci penting dalam keberhasilan produksi kelapa sawit.

Selain hal tersebut, Asian Agri juga memiliki komitmen cukup tinggi terhadap keberlanjutan, kemampuan dalam telusuran rantai pasok, mempunyai kemitraan kuat dengan para petani plasma atau pun swadaya, serta berhasil mengelola limba kelapa sawit jadi energi terbarukan. Sejalan dengan program pemerintahan dalam menyediakan energi baru terbarukan ini Asian Agri membangun serta mengoperasikan tujuh pembangkit listrik tenaga biogas dengan cara memanfaatkan limbah cair kelapa sawit. Sebelumnya, Asian Agri menyebutkan bahwa kemitraan dengan para petani jadi fokus utama untuk tingkatkan produktifitas kelapan sawit di 3 provinsi, yakni Sumatera Utara, Jambi, dan Riau.

Komitmen kemitraan One To One wujudkan pengelolaan kebun kelapa sawit para petani mitra yang luasanya sama dengan kebun inti perusahaan Sukanto Tanoto ini, yakni mencapai 100 ribu hektar kebun petani mitra. Dengan begitu tantangan sawit yang ada di Indonesia bisa terjawab dengan langkah yang lebih konkrit lagi yang dilakukan oleh Asian Agri tersebut. Pastinya para petani kelapa sawit sangat bersyukur sekali sebab sudah bermitra dengan perusahaan Asian Agri.

Sementara itu Hermansyah SE, Ketua PWI Sumut mengapresiasi kemitraan antara para petani sawit dengan Asian Agri termasuk dengan insan pers yang sudah terjalin cukup lama. Tidak hanya para petani yang dirangkul Asian Agri, tetapi insan pers juga turut jadi mitra positif Asian Agri untuk menyebarluaskan informasi ke tengah – tengah masyarakat. Diharap agar kemitraan dengan Asian Agri ini tetap terjalin dengan baik dan terus ditingkatkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »