Kebangkitan Nokia di Industri Smartphone

Ayead Gaptek 2:56 AM

Nokia 2018

(Sumber gambar: www.digit.in)

Jika mundur ke tahun awal tahun 2000-an, tentu Nokia menjadi salah satu produsen ponsel yang Berjaya kala itu. Namun, kejayaan dari produsen gadget asal Finlandia sempat goyah sejak kemunculan produk telepon pintar dengan fitur-fitur canggih keluaran perusahaan Eropa lainnya. Tak ingin terpuruk terlalu lama, Nokia, lewat perusahaan baru bernama HDM Global, siap mengejar ketertinggalannya.

Dengan mengeluarkan berbagai produk andalannya seperti Nokia 6.1 Plus, Nokia penjualan Nokia tercatat berada pada angka yang cukup tinggi. Berita ini pun dibenarkan oleh Organized Trade Lead Nokia HMD, Affanick Hamim.

"Target kami bisa berada di posisi tiga besar di Indonesia kurang dari tiga tahun ke depan. Dengan performa yang kami punya di pasar lain, kami yakin tidak ada tantangan yang tidak bisa kami atasi," jelas Hamim.

IDC memperkirakan merek Nokia sudah bertengger di posisi nomor lima di Finlandia dan memiliki 0,4 persen pangsa pasar global. Penjualan smartphone Nokia dilaporkan berhasil mencapai angka 1,5 juta unit pada semester pertama tahun ini. Bahkan, HMD Global optimis akan menduduki posisi tiga besar di pasar smartphone Indonesia. Menurut HMD Global COuntry Manager for Indonesia, Mark Trundle, Nokia masih menjadi memiliki tempat di hati para pengguna smartphone di Indonesia. 

“Ketika kami berbicara dengan konsumen dan para mitra, kami sadar bahwa merek Nokia sudah mendapatkan tempat dihati masyarakat Indonesia. Nokia telah lama dikenal melalui kualitas, kesederhanaan, kehandalan, dan desain yang khas. Nilai-nilai ini akan selalu menjadi inti dari seluruh produk yang akan kami ciptakan,”  jelas Trundle.

Tak heran jika Nokia sudah diterima dengan sangat baik di Negara Eropa khususnya di Inggris. Meski belum berhasil menempati posisi tinggi di penjualan smartphone Tanah Air, Nokia disebut sebagai smartphone paling populer nomor 3 di Inggris. Selain itu, Nokia juga berhasil masuk posisi lima besar di Rusia, Vietnam, dan Timur Tengah. Kedudukan tersebut mengalahkan perusahaan smartphone besar asal Cina yaitu Xiaomi.

Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah Nokia mampu bersaing dengan produsen besar smartphone saat ini?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »