Perbedaan Pengadaan Konvensional dan Pengadaan Online

Ayead Gaptek 9:53 AM
MbizMarket

Bagi sebuah perusahaan, pengadaan merupakan salah satu aktivitas yang penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Dimana pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan secara rutin supaya sebuah perusahaan tetap terus berjalan sesuai dengan bidang dan prosedur yang berlaku. Dalam melakukan pengadaan biasanya perusahaan membutuhkan barang maupun jasa. Kemudian perusahaan tersebut akan bekerjasama dengan vendor serta melakuka serangkaian transaksi yang membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Namun kini pengadaan barang dan jasa tersebut bisa dilakukan secara lebih praktis melalui belanja pengadaan online. Tetapi pengadaan online tersebut dilakukan melalui marketplace pengadaan terpercaya salah satunya yaitu Mbizmarket B2B Marketplace Indonesia

Hadirnya Mbizmarket B2B Marketplace Indonesia diharapkan dapat membantu menjawab permasalahan perusahaan dalam kegiatan pengadaan. Dahulu pengadaan barang dan jasa dilakukan secara konvensional atau manual yang membutuhkan waktu dan tenaga karena harus dilakukan tatap muka. Sementara kini telah hadir sistem pengadaan online terpercaya dimana proses pengadaaan barang dan jasa dilakukan secara mudah melalui teknologi internet dn elektronik. Transaksi jual beli secara online saat menjadi bagian dari kehidupan masyarakat milenial. Kepraktisan dan kemudahan transaksi menjadi pilihan di tengah aktivitas yang padat namun harus tetap memenuhi kebutuhan. Hal tersebut juga ditawarkaoleh pengadaan online Mbizmarket yang menyediakan banyak vendor dengan produk maupun harga yang beragam sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

Bagi anda yang saat ini masih ragu menggunakan layanan pengadaan online dari Mbizmarket B2B Marketplace Indonesia maka berikut ini akan dijelaskan perbedaan pengadaan konvensional dan pengadaan online yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. 

1. Pencarian Produk 
Untuk pengadaan konvensional maka pencarian produk barang atau jasa biasanya dilakukan secara manual. Dalam hal ini perusahaan harus mendatangi masing-masing vendor untuk mengetahui harga, detail produk serta sistem pembelian produk. Sedangkan untuk pengadaan online pencarian produknya dilakukan melalui situs marketplace pengadaan. Cukup dengen mengetikkan produk yang anda butuhkan pada kolom pencerain maka produk yang anda butuhkan akan ditampilkan dengan berbagai pilihan, deskripsi produk serta harga. Hal ini membuat anda lebih hemat waktu maupun tenaga saat mencari produk yang dibutuhkan. 

2. Proses Pendaftaran 
Pengadaan konvensional membutuhkan proses pendaftaran yang dilakukan secara manual. Dimana pihak panitia atau pengelola harus mempersiapkan proses pendaftaran mulai dari kursi, meja, formulir dan ain sebagainya. Untuk pihak vendor harus mempersiapkan surat atau dokumen yang dipersyaratkan untuk menjadi vendor pengadaan. Sedangkan untuk pengadaan online maka proses pendaftaran bisa dilakukan melalui marketplace pengadaan dengan mengirimkan melalui email atau mengupload dokumen persyaratan yang diperlukan. Selanjutnya pihak marketplace akan memantau dan mengecek pendaftar dari pihak perusahaan atau pembeli. Untuk vendor yang akan mendaftar maka cukup mendaftar akun lalu login menggunakan password dan username yang sudah diperoleh lalu mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. 

3. Vendor Pemenang 
Pengadaan konvensional membutuhkan pengumuman vendor pemenang yang akan diumunkan melalui surat kabar atau papan pengumuman. Sedangkan untuk pengadaan online tidak ada vendor pemenang karena pembeli bisa memilih sendiri vendor pengadaan melalui marketplace. 

4. Pengiriman Barang 
Pengadaan konvensional dalam pengiriman barangnya tidak bisa dilakukan pemantauan karena tidak ada fitur tracking yang disediakan oleh vendor. Sedangkan pada pengadaan online terdapat fitur tracking yang memudahkan pembeli memantau pengiriman barang yang dipesan. 

5. Pembayaran 
Pengadaan konvensional sistem pembayarannya dilakukan di awal transaksi. Sedangkan pengadaan online sistem pembayaran dilakukan di awal, berkala atau bahkan saat produk di terima. 

6. Pemilihan Produk 
Pemilihan produk pada pengadaan konvensional biasanya dilakukan dengan mendatangi vendor terkait untuk melihat contoh produk yang ditawarkan. Pada pengadaan online, pembeli cukup memilih produk melalui katalog yang sudah tersedia melalui situsnya. Katalog tersebut dilengkapi dengan deskripsi produk dan harga sehingga memudahkan pembeli untuk memilh produk yang diinginkan. 

Itulah tadi penjelasan mengenai perbedaan pengadaan konvesional dan pengadaan online yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda tak perlu ragu menggunakan Mbizmarket B2B Marketplace Indonesia.  Karena marketplace online yang satu ini memberikan berbagai layanan pengadaan online yang menguntungkan dan terpercaya untuk kebutuhan perusahaan anda. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »