Asuransi Pendidikan, Berikan Banyak Manfaat untuk Nasabah

Ayead Gaptek 1:30 AM
Asuransi Pendidikan

Adanya asuransi seringkali menjadi solusi untuk sebagian orang guna menutupi berbagai masalah keuangan tatkala suatu hal yang tak terduga terjadi. Salah satunya adalah asuransi pendidikan. Makin tingginya biaya pendidikan dari tahun ke tahun membuat saya berpikir memilih punya asuransi pendidikan seperti banyak teman saya. Seperti apa asuransi ini?


Mungkin kamu belum terlalu mengenal asuransi pendidikan sebab kebanyakan yang beredar di masyarakat adalah asuransi kesehatan dan jiwa yang menurut banyak orang lebih terasa manfaatnya ketika dibutuhkan. Sebenarnya, semua asuransi itu sama. Memberikan perlindungan terbaik tatkala terjadi hal tak terduga.

Asuransi pendidikan ini bagi saya bisa menjamin pendidikan anak saya hingga mereka menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah nanti. Saya memiliki dua orang anak yang usianya hanya terpaut satu tahun. Kalau saya harus memenuhi kebutuhan pendidikan mereka secara konvensional, tentunya akan sangat berat terlebih saya hanya karyawan biasa.

Oleh sebab itulah saya memilih memiliki asuransi pendidikan karena dengan ini saya bisa mencicil menabung biaya pendidikan anak dari usia mereka yang belum genap lima tahun ini. Untuk menerima perlindungan pendidikan, saya tentu harus membayar premi sesuai dengan periode yang telah disepakati sejak awal.

Makin cepat kamu membeli asuransi pendidikan, biasanya biaya premi yang harus kamu bayarkan akan lebih murah. Ketika akan memasuki jenjang pendidikan tertentu, nantinya saya bisa mencarikan sejumlah dana yang besarnya telah ditentukan premi dan asuransi yang dipilih.

Tak hanya itu saja yang menarik dari asuransi pendidikan ini. Beberapa asuransi pendidikan juga memberikan perlindungan bila terjadi musibah kepada nasabah yang mengakibatkan cacat permanen atau meninggal dunia. nantinya, nasabah tetap menerima pencairan dan asuransi meski ia tak bisa lagi membayar tagihan premi setiap bulannya.
Apa Saja Manfaat Memiliki Asuransi Pendidikan?

1. Manajemen Keuangan yang Lebih Baik
Kamu mungkin tak sadar selama ini sudah menghamburkan uang untuk hal yang tak perlu. Padahal, kalau disimpan, dana tersebut bisa sangat bermanfaat untuk pendidikan anak nantinya. Bukan hanya kamu, kok! Saya juga pernah mengalami hal ini. Namun, semenjak bergabung dengan asuransi pendidikan, setidaknya manajemen keuangan saya jadi lebih baik.

Asuransi ini ‘memaksa’ saya untuk terus menabung setiap harinya guna keperluan buah hati. Memang, jumlah tabungan tiap harinya tak terlalu besar. Kamu bisa memilih nilai premi terbaik dan sesuai dengan kemampuan. Kalau saya, memilih asuransi dari Sequis. Salah satu program asuransinya adalah Sequis EduPlan.

Pada program asuransi yang satu ini, saya mendapat kepastian ketersediaan dana pendidikan sekaligus perlindungan jiwa dengan hanya membayar premi sebesar Rp8.900,- saja per harinya. Tidak terlalu mahal, kan? Dengan begitu manajemen keuangan saya lebih baik karena setiap harinya pengeluaran untuk bayar premi tak mengganggu finansial.

2. Punya Rencana yang Lebih Matang untuk Masa Depan Anak

Adanya asuransi pendidikan terlebih ketika anak berusia sangat kecil nyatanya juga membuat saya memiliki rencana pendidikan yang jauh lebih matang untuk kedua buah hati saya. Saya bisa membayangkan akan menyekolahkan anak saya di mana nantinya meskipun sekolah yang saya tuju termasuk sekolah elit.

Selain itu, dengan adanya asuransi pendidikan ini, saya juga punya plan B bilamana saya tak bisa mendampingi mereka hingga usia sekolah selesai. Sebut saja kalau saya meninggal dunia. Setidaknya anak-anak saya masih punya masa depan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan tertentu tanpa harus ada saya.

3. Biaya Premi yang Cukup Fleksibel
Untungnya lagi memiliki asuransi pendidikan adalah biaya preminya yang cukup fleksibel. Perusahaan asuransi biasanya memiliki beberapa pilihan produk untuk nasabahnya. Kalau kamu bingung mau memilih yang mana, nantinya customer service perusahaan asuransi tersebut akan membantumu dalam menentukan asuransi mana yang sesuai kebutuhan.

Selain sesuai kebutuhan, juga akan disesuaikan dengan kemampuan kamu. Jadi, biaya premi yang dibayarkan bisa disesuaikan dengan isi kantong dan kebutuhan pendidikan anak. Apabila kondisi finansial kamu stabil dan ingin mendapatkan jenjang pendidikan tinggi, kamu bisa ambil premi tinggi. Namun, bila sebaliknya, kamu bisa ambil premi ringan saja.

4. Memberikan Perasaan Tenang
Keuntungan lain yang bisa didapat dengan memiliki asuransi pendidikan ini adalah memberikan rasa tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Saya bisa tenang dengan dana pendidikan yang makin lama makin mahal sebab saya sudah menabungkannya dengan melalui asuransi pendidikan.

Bilamana nantinya terjadi hal buruk pada saya semisal saya mengalami cacat total ataupun meninggal dunia, anak saya masih bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang sesuai dengan pilihan program asuransi yang dipilih. Meski saya tak pernah menginginkan hal itu terjadi, setidaknya saya tetap bisa tenang bila memikirkan hal itu akan menimpa keluarga saya.

5. Mencegah Risiko Utang
Tentu saja, adanya asuransi kesehatan ini juga bisa membuat kamu terhindar dari risiko utang akibat kekurangan dana pendidikan. Hal ini bisa kamu hindari sebab secara rutin kamu sudah membayar premi asuransi sesuai jangka waktu tertentu dan nominal yang dikehendaki. Jadi, anakmu sudah memiliki tabungan untuk biaya pendidikannya.

6. Tak Hanya Pendidikan, Namun Juga Perlindungan Lain
Ternyata, asuransi pendidikan tak hanya memberikan perlindungan pendidikan juga. Asuransi ini juga memberikan perlindungan kesehatan bagi si anak ketika ia mendapatkan perawatan rumah sakit untuk program asuransi tertentu. Selain itu, ada juga perlindungan ketika anak mengalami sakit atau meninggal dunia.

Kalau kondisi ini terjadi, nantinya kedua orang tuanyalah yang akan menerima santunan biaya dari perusahaan asuransi. Kalau sudah begini, bisa dibilang asuransi tak hanya memberikan manfaat pendidikan saja untuk anak. Ia juga memberikan manfaat asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.


Saat ini, ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi pendidikan untuk perlindungan terbaik bagi buah hati. Kamu bisa memilih asuransi pendidikan mana yang paling pas untuk anak. Kalau saya, lebih memilih asuransi pendidikan dari Sequis saja. Asuransi ini memberikan banyak sekali pilihan produk yang bisa dipilih.

Salah satunya adalah TelePro Beasiswa Berjangka yang memiliki premi mulai dari Rp6.500,- per harinya. Ia juga memberikan manfaat kematian dan kecelakaan dengan besaran 150% dari uang pertanggungan. Ada juga asuransi Sequis EduPlan Insurance dan EduPlus yang memiliki keunggulan fleksibilitas dalam premi dan manfaat tambahan.

Namun, kalau saya lebih memilih asuransi Sequis EduPlan saja. Asuransi ini memiliki premi menengah yakni Rp8.900,- per hari dengan manfaat kematian akibat kecelakaan sebesar 200% dari uang pertanggungan. Saya hanya perlu membayar selama 8 tahun saja untuk menikmati perlindungan selama 18 tahun.

Nah, bagaimana? Masih ragu untuk memiliki asuransi pendidikan? Asuransi ini memberikan banyak sekali perlindungan untuk buah hati kamu, lo! Selain itu, dengan adanya asuransi ini, kamu juga tak perlu bingung memikirkan biaya pendidikan anak ke depannya. Hidup pun jadi lebih tenang!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »