Tips Manajemen Pengadaan Alat Tulis Kantor

Ayead Gaptek 1:02 AM
Alat Tulis Kantor

Meskipun sekarang ini semuanya serba digital, namun tidak memutus kebutuhan terhadap alat tulis kantor. Anda perlu memahami bagaimana memanajemen pengadaan alat tulis yang tergolong kebutuhan pokok. Kelancaran operasional perusahaan akan lebih lancar dengan perencanaan sampai evaluasi yang tepat. Terapkanlah trik pintar ini demi ketepatan pengadaan.

1. Mengidentifikasi Kebutuhan
Setiap kebutuhan pasti memerlukan perencanaan untuk memenuhinya agar benar-benar sesuai. Identifikasi kebutuhan merupakan suatu tahap penting yang harus dilakukan sebelum melakukan pembelian. Anda harus memikirkan dan melakukan pendataan semua barang yang dibutuhkan. Utamakan jenis barang yang dibutuhkan lengkap dengan spesifikasinya.

Sama halnya untuk keperluan alat tulis, Anda tetap harus melakukan perencanaan meskipun pengeluarannya yang tergolong lebih kecil dibandingkan lainnya. Tujuannya agar terdapat pertanggungjawaban atas pemakaian dana perusahaan. Lebih dari itu, Anda bisa dengan mudah mengevaluasi pemakaian dana dalam transaksi pengadaan berikutnya.

2. Menyesuaikan Kebutuhan dengan Anggaran
Transaksi pengadaan pasti membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Pemenuhan kebutuhan harus disesuaikan dengan anggaran agar kebutuhan lainnya juga terpenuhi dengan baik. Untuk keperluan alat tulis, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan yang sudah didata dengan anggaran yang tersedia. Buatlah range pengeluaran dana untuk setiap barang agar semua kebutuhan bisa dipenuhi.

Proses penyesuaian ini sangat penting juga agar dana tidak membengkak dan tetap stabil. Lakukan perencanaan anggaran ini dengan baik. Dalam melakukan penyesuaian ini, Anda perlu mengetahui range harga dari setiap alat tulis. Jangan lupa, lakukan survei harga untuk produk yang berkualitas agar barang tersebut tahan lama.

3. Mengutamakan Kebutuhan
Kebutuhan terhadap alat tulis kantor harus dilakukan dengan cermat agar alokasi dana tidak sia-sia, mengingat jenis barang ini sering dibutuhkan. Agar anggarannya tepat guna, utamakanlah kebutuhan, jangan keinginan. Kebutuhan jauh lebih penting dari sekadar keinginan. Dalam manajemen pengadaan yang tepat, utamakan membeli alat tulis yang benar-benar dibutuhkan.

4. Memilih Produk dan Layanan Berkualitas
Produk berkualitas sangat dibutuhkan untuk menjamin keluaran yang optimal. Kelancaran operasional juga terjamin. Anda perlu menentukan spesifikasi produk yang berkualitas dengan melakukan survei terhadap kualitas merek suatu produk. Produk juga terjamin jika pembelian dilakukan di supplier yang terpercaya.

Layanan berkualitas juga akan Anda dapatkan di supplier yang sudah berpengalaman. Karena itu, selalu mengutamakan kualitas dari segi produk dan juga layanan agar Anda mendapatkan produk yang benar-benar tepat dalam waktu yang lebih cepat.

5. Memilih Proses yang Efisien
Proses yang efisien sangat diperlukan dalam transaksi pengadaan karena menjamin kelancaran pemenuhan kebutuhan. Kegiatan operasional juga tidak akan terganggu jika proses pengadaan selalu lancar. Sistem B2B e-procurement akan melancarkan pemenuhan kebutuhan alat tulis yang efisien. Prosesnya lebih cepat dan mudah dilakukan karena sangat fleksibel.

Dalam sistem B2B e-procurement ini, Anda bisa melakukan pengadaan dengan segera setiap kali membutuhkan. Identifikasi kebutuhan sampai pembayaran juga lebih praktis dan tepat guna. Anda juga akan mendapatkan catatan transaksi pengadaan lewat laporan keuangan.

6. Menyiapkan Bujet Cadangan
Bujet cadangan sangat diperlukan guna mengantisipasi adanya kekurangan dana pokok. Hal ini mengingat perencanaan tidak selalu tepat 100%, terlebih soal survei harga yang memang mengalami fluktuasi. Tempat pembelian juga mempengaruhi tingkat harga. Jadi, penyediaan bujet cadangan ini sangat diperlukan untuk memenuhi kekurangan dana pokok jika memang diperlukan.

Berbagai kebutuhan alat tulis dapat dipenuhi sesuai kebutuhan dan anggaran jika melalui perencanaan. Anda harus mampu melakukan perencanaan yang matang melalui berbagai pertimbangan. Efektivitas proses pengadaan juga perlu dipertimbangkan. B2B e-procurement adalah solusinya. Mbizmarket siap membantu menyediakan supplier alat tulis kantor berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »