4 Hal Penting yang harus Diperhatikan Sebelum Membeli Media Penyimpanan Smartphone

Ayead Gaptek 2:31 AM
Sumber: AndroD1.com

Sekarang sudah banyak pilihan smartphone Android yang tersedia di pasar teknologi Indonesia. Kamu hanya perlu memilih mana ponsel yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Pilihan itu biasanya berdasarkan chip, RAM, layar dan memori internal. Kebanyakan memori internal smartphone zaman sekarang dibekali dengan kapasitas 16GB. Tentu saja kapasitas tersebut terbilang cukup kecil. Makanya, kamu perlu sebuah memori tambahan seperti microSD. Lalu, bagaimana cara memilih microSD yang tepat buat kamu? Langsung saja simak dibawah ini!

1. Harga dan Kualitas

Harga Rupa
Sumber: teknobos.com

Seperti orang dahulu bilang ada harga ada kualitas, pasti saja harga menentukan kualitas dari sebuah barang yang akan ditawarkan. Jangan sekali-kali tergiur dengan membeli SD card dalam harga yang murah, kita patut curiga kalau harga memory card jauh dibawah rata-rata harga pasaran. Jadi pilihlah memory card dari merk ternama, karena produk dari perusahaan ternama mempunyai kualitas yang bagus dan terjamin.

2. Sesuaikan Memory Card dengan kebutuhan smartphone kamu.

harga memory card
Sumber: selular.id

Ketika kamu memilih kartu memori untuk smartphone, kamu juga harus memperhatikan Class dari memory SD tersebut. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap cara kerja suatu memori, cepat atau lambatnya proses memindahkan data bisa ditentukan dari kelas memory card tersebut. Kelas kartu memori dibagi menjadi beberapa macam, yaitu Class 2, 6, 10 dan 4.

Sementara untuk smartphone atau ponsel pintar high end keluaran terbaru, pilihlah memory card dengan Class 10 agar kerjanya lebih maksimal. Class 10 adalah memori card yang mempunyai kecepatan minimal untuk transfer file mencapai 10 MB/s.

Tetapi kalau hp android kamu keluaran lama atau bukan high end, maka kamu masih tetap bisa menggunakan memori card class 6. Karena jika kamu menggunakan Class 10 pada smartphone jadul, kemungkinan ponsel jadul kamu akan mengalami blank.

3. Menyesuaikan SDXC atau SDHC

SDXC atau SDHC
Sumber: jalantikus.com
Pada saat memilih sebuah memori internal kamu harus memastikan juga tipe apa yang sesuai dengan smartphone kamu. Apakah SDXC atau SDHC mendukung terhadap smartphone kamu. SDHC (Secure Digital High Capacity), tipe ini telah menyediakan kapasitas penyimpanan mulai dari 4GB hingga 32GB. Jadi kalau kamu mempunyai smartphone android dengan kapasitas memori eksternal sebesar 32GB, kamu bisa memilih memori dengan tipe SDHC.

Sementara jika kamu mempunyai smartphone terbaru atau high end dengan kapasitas memori eksternal 128GB, kamu juga bisa memilih sebuah memori bertipe SDXC. Karena tipe ini dibekali dengan kapasitas mulai dari 64GB hingga 2TB, jadi lebih cocok untuk smartphone android produksi terbaru. Kesalahan saat pemilihan memory card tipe SDXC dan SDHC bisa menyebabkan smartphone kamu tidak akan bekerja secara maksimal.

4. Menggunakan SD card secara baik dan benar

Menggunakan SD card
Sumber: jalantikus.com
Jika kartu memori yang kamu pakai sudah mempunyai kualitas bagus, percuma saja kalau cara menggunakannya tidak baik atau jorok. Karena semua perangkat smartphone android, harus digunakan secara baik dan benar.

Apabila kamu ingin melepaskan memori card SD dari smartphone kamu, pastikan kamu harus menggunakan fitur eject dahulu. Saat menyalin atau memindahkan file dari ponsel atau ke SD card, jangan sekali-kali kamu melepaskan kartu memorinya dalam keadaan proses transfernya belum selesai. Karena jika hal ini kamu lakukan, maka akan bisa menyebabkan sebuah kerusakan pada file dan kartu memorimu.

Nah, itu dia sebuah penjelasan tentang cara memilih microSD smartphone Android yang baik. Apakah sampai disini kalian sudah paham? Semoga bermanfaat, ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »