Tekan Biaya Demurrage Dengan Komitmen Dan Pelayanan Maksimal

CFLD Karawang new city development

Di dunia pelayaran komersil, biaya demurrage menjadi salah satu yang sangat dihindari. Karena hanya akan menambah pengeluaran perusahaan-perusahaan atau pebisnis yang menggunakan jasa peti kemas. Tapi hal itu bisa diminimalisir dengan adanya pembenahan baik dari pemilik barang, penyedia jasa peti kemas, dan pelabuhan.

Demurrage sendiri merupakan batas penggunaan peti kemas yang disepakati antara penyedia jasa dan perusahaan yang memakai peti kemas untuk bongkar muat barang. Untuk barang ekspor adalah dari barang masuk pelabuhan hingga dimuat ke kapal, sedangkan impor, dari barang bongkar muat sampai keluar pelabuhan.

Alasan Biaya Demurrage Tinggi, Dan Solusinya
Penggunaan jasa peti kemas memang sangat dibutuhkan oleh banyak pihak, terutama industri besar di kawasan pilot project, karena menyangkut perkembangan usaha. Contohnya CFLD Karawang new city development, dan Cikarang. Tapi masih ada kendala, terutama masalah teknis, dan kondisi pelabuhan, sehingga harus dicarikan solusi yang tepat agar tidak ada pihak yang rugi.

- Penyebab
Masalah teknis seperti adanya barang yang ternyata masuk kategori dilarang masuk ke pelabuhan, sehingga harus dilakukan pengurusan dokumen pendukung agar bisa masuk dan diambil oleh pemilik barang. 

Masalah selanjutnya adalah penumpukan peti kemas di pelabuhan, sehingga membuat jadwal bongkar muat jadi molor dari yang seharusnya. 

- Solusi
Pertama tentunya memastikan barang yang menggunakan jasa peti kemas lolos bea cukai. Kalaupun ada prosedur yang harus dilalui, maka sebaiknya ada komitmen di awal dari pengguna jasa dan penyedia jasa peti kemas tentang tambahan waktu di pelabuhan tanpa dikenakan biaya demurrage atau dikenal dengan istilah free time demurrage.

Kedua adalah pembenahan pelabuhan, yang harus melibatkan pihak terkait yaitu pemerintah. Caranya dengan memperluas kapasitas pelabuhan, memberlakukan aturan yang jelas soal bongkar muat, sehingga pengguna pelabuhan seperti perusahaan di kawasan CFLD Karawang new city development lebih sigap mengatasi kondisi tersebut.

Pengelolaan yang jelas terkait bongkar muat peti kemas di pelabuhan, memang harus jadi perhatian serius semua pihak. Karena berdampak signifikan bagi pembangunan di berbagai sektor. Sebab barang yang menggunakan jasa pelabuhan dan peti kemas berhubungan langsung dengan berbagai industri penting di sebuah daerah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »