Atasi Pilek Pada Bayi Sebelum Terlambat

Obat Bayi Gopaotik

Setiap bayi yang berumur kurang dari 12 bulan sangat rentan terkena serangan pilek. Pasalnya, sistem imun tubuh belum terbentuk secara sempurna. Sehingga 200 virus penyebab pilek dapat menyerang lebih dari lima kali. Untuk mengatasinya diperlukan obat pilek untuk bayi aman. Sebaiknya bayi Anda jangan diberikan sembaranga obat karena akan berdampak negatif.

Pencegahan Pilek Bayi

Pilek sulit dicegah terutama saat musim hujan, penyebaran virus sangat cepat melalui udara. Namun, Anda dapat mencegah si kecil terkena pilek dengan membersihkan ruangan tidur bayi. Jauhkan pula orang yang terkena pilek berada di dekat bayi Anda.

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum memegang si kecil. Bahkan, cuci mainan-mainan mereka dari debu menggunakan cairan antiseptik. Khususkan pula handuk dan peralatan makan agar tidak terkontaminasi bakteri.

Agar memperoleh perlindungan prima bagi bayi maka Anda dapat meminta pengasuh bayi untuk menggunakan penutup mulut dan masker. Jauhkan pula si kecil dari asap rokok karena berbahaya bagi kesehatan mereka.

Tanda Agar Segera Ke Dokter

Bayi yang masih berusia di bawah 12 bulan harus benar-benar dijaga ketika terkena pilek. Penanganan dan pengobatan sangat dianjurkan berdasarkan arahan dari dokter. Sebab, dibeberapa kasus ditemukan bayi ternyata menderita radang telinga (pneumonia) dan penyakit lain atau radang telinga, atau penyakit lain.

Adapun tanda-tanda yang patut diwaspadai jika dialami si kecil yakni demam dengan temperatur tubuh melebihi 39 derajat celcius. Bayi terlihat susah bernafas, menolak makan maupun minum, ada tanda-tanda dehidrasi seperti tidak buang air kecil beberapa jam.

Jika bayi Anda lemas dan tidur terlalu lama daripada jam tidur biasanya juga pertanda harus dibawa berobat ke dokter. Jangan sampai baru membawanya setelah satu minggu lebih mengalami pilek dan demam.

Sebagai orang tua dapat membantu meredakan gejala demam si kecil dengan memberikan cairan ASI lebih rutin. Selain itu dapat pula menyemprotkan cairan garam pada ujung hidung guna mengeluarkan lendir atau ingus.

Perhatikan juga kelembapan ruangan, jika terlalu kering akan menyiksa pernafasan si kecil. Rekomendasi terbaik dengan menggunakan pelembab udara semacam humidifier. Jika demam terus bertambah dan menunjukkan gejala demam berdarah maka dapat memberikannya psidii kapsul untuk meningkatkan trombosit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »