Gak Harus Ikut Kursus, Ini Tips Belajar Main Gitar Sendiri dengan Cepat dan Simple!

Tips Belajar Gitar
Sumber: pinterest.com
Setiap orang yang suka bermain gitar pastinya juga ingin tahu gimana caranya belajar main gitar dengan sendiri. Bukan cuma karena musik bisa membantu merilekskan pikiran saja, tapi dapat bermain alat musik, salah satunya gitar juga dianggap sesuatu hal yang sangat keren dari dulu sampai sekarang. Gitar merupakan alat musik yang paling hits serta mudah digunakan. 

Alat musik satu ini bisa ditemukan di negara mana saja. Untuk bisa bermain gitar,  tentunya dibutuhkan usaha, kerja keras, dan pembelajaran yang tepat. Bagi kamu yang ingin belajar bermain gitar sendiri tanpa harus ikut kursus, berikut ada beberapa tips yang perlu kamu simak.


1. Tumbuhkan Niat yang Kuat

Niat Gitar
Sumber: pinterest.com

Niat menjadi salah satu kunci utama untuk mempelajari sesuatu hal, termasuk dengan bermain gitar. Untuk dapat bermain gitar, pastikan dulu bahwa kamu sudah memiliki niat yang memang benar-benar ingin belajar. Jangan cuma semangat di awal, lalu menyerah begitu saja sebelum kamu dapat menguasai banyak kunci gitar. Di setiap ada kemauan, disitulah ada jalan.

2. Mempunyai Gitar Sendiri

 
Gitar Sendiri
Sumber: pinterest.com

Cara selanjutnya untuk belajar bermain gitar sendiri adalah tidak selalu mengandalkan gitar yang dipinjam. Jika niatnya sudah ada, maka usahakan kamu juga punya alat musiknya. Agar bisa bermain gitar tanpa ikut kursus musik, ada baiknya kamu juga memiliki gitar nya sendiri. Sebab, kalau kamu cuma mengandalkan gitar yang dipinjamkan oleh teman, latihan bermain gitarnya pun jadi kurang efektif. Tapi kalau kamu memakai gitar sendiri, maka kegiatan belajarnya pun bisa kapan saja dan dimana saja. Selagi masih meminjam gitar teman, kamu bisa sekalian menabung untuk membeli gitar akustik elektrik yang kamu mau.

3. Bergabung dengan Teman yang Pandai Bermain Gitar

 
Teman Gitar
Sumber: pinterest.com

Jika kamu berteman dengan seseorang yang dapat bermain gitar, maka aktivitas belajar main gitar sendiri pun akan lebih efektif dan cepat dipahami. Niat kita untuk bisa bermain gitar sendiri bakal semakin bertambah dan wawasan kita mengenai kunci gitar juga  akan semakin banyak. Kamu juga mempunyai banyak kesempatan buat mencuri ilmu yang mereka miliki. So, kalau kamu memang mau cepat belajar main gitar dengan sendiri, cobalah berteman dengan seseorang yang pandai bermain gitar.

4. Pelajari Kunci Gitar yang Sederhana dari Buku Panduan dan Internet

 
Kunci Gitar
Sumber: pinterest.com

Sekarang ini, banyak berbagai buku cetak serta artikel mengenai cara bermain gitar sendiri yang bisa kita pelajari dengan mudah. Kamu bisa melihat berbagai gambar-gambar tentang kunci gitar yang bisa kamu jadikan panduan untuk berlatih. Cobalah dulu dengan kunci gitar yang sederhana dan mudah dimengerti, seperti kunci D,A,G serta seterusnya hingga mempelajari kunci gitar tersebut. Jika sudah memahami kunci gitar sederhana, lanjutkan dengan mencoba kunci gitar yang lumayan rumit.

Untuk yang lebih simpelnya, mungkin kamu bisa melihat tutorial mengenai belajar main gitar sendiri di YouTube. Jika kamu merasa sulit mempelajari banyak tentang chord, jangan khawatir kamu tetap dapat bermain gitar klasik Yamaha atau gitar akustik dengan beberapa kunci gitar saja kok, geng.  Jangan lupa, mulailah coba dari hal yang lebih mudah dulu ya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Selamat belajar!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »