Yuk Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Covid Test Dan Syarat Melakukannya

Ayead Gaptek 4:09 PM
Covid Test

Baru baru ini pemerintah mulai menggalakkan sejumlah wilayah untuk memasuki new normal atau normal baru. Salah satu persiapan menuju normal baru adalah dengan melakukan rapid test yang akan menunjukkan kemungkinan adanya virus baru. Adanya rapid test in bertujuan untuk menghentikan mata rantai penyebaran virus corona. Bagi beberapa orang tentu anda masih awa, dengan Covid test satu ini. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut. 

Mengenal Rapid Test dan Cara Kerjanya 
Rapid test adalah salah satu skrining awal virus corona di dalam tbuh yang bisa di deteksi melalui sampel darah. Darah yang diambil akan menunjukkan beberapa informasi adanya imunuglobulin atau IgM dan IgG dalam tubuh manusia. IgM dan IgG adalah antibodi yang dihasilkan oleh tubuh saat terpapar virus corona. Jika rapid test akan menunjukkan hasil yang positif, maka pemeriksaan akan dilanjutkan dengan swab test menggunakan PCR. 

Sementara itu cara kerja Rapid Test sendiri dilakukan dengan mengambil sampel darah yang sudah diambil oleh petugas kesehatan. Sampel darah tersebut akan diteteskan pada alat uji rapid test COVID-19 yang tersedia bersama dengan cairan penanda antibodi. Biasanya hasil dari rapid test ini akan diketahui setelah menunggu selama 10 hingga 15 menit lamanya. 

Beberapa keterangan yang akan dihasilkan dalam Covid Test adalah keterangan C, IgG dan IgM pada hasil tes. C akan mengindikasikan jika pasien negatif, sedangkan garis pada C dan IgG dan IgM menandakan pasien positif. Pada pasien negatif biasanya akan diulang dalam waktu 7 hingga 10 hari. Pengecekan ulang ini bertujuan untuk memastikan tubuh tidak memproduksi IgM dan IgG akibat virus corona.  

Lokasi Untuk Melakukan Rapid Test Beserta Biayanya 
Untuk mendeteksi apakah terjangkit virus corona atau tidak, maka anda bsa langsung berkunjung ke puskesmas seluruh Indonesia yang menjadi rujukan Covid 19. Namun rapid test ini biasanya dilakukan untuk pasien yang berstatus Orang Dalam Pemantauan atau ODP sehingga tidak perlu ke rumah sakit. Puskesmas akan melakukan screening terhadap pasien Covid 19 dengan cara rapid test antibody. 

 Jika anda sudah melakukan rapid test dan terbukti positif, maka anda bisa langsung dirujuk ke rumah sakit. Biasanya anda akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum melakukan tes PCR. Untuk mempersingkat waktu anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Halodoc yang sangat memudahkan untuk melayani test corona virus. Anda bisa langsung melakukan pendaftaran tanpa perlu mengantri terlebih dahulu. 

Umumnya masyarakat akan lebih memilih untuk menggunakan rapid test yang dirasa jauh lebih murah. Namun sebenarnya cara rapid test sendiri juga sangat rawan mengalami kekeliruan. Untuk itu bagi anda yang sudah mendapatkan hasil dari rapid test dan terbukti positif, maka langkah selanjutnya adalah langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti swab test atau Test PCR. 

Rapid test dan test PCR memang harus dilakukan oleh petugas kesehatan untuk mengetahui klaster baru dalam temuan virus corona di masyarakat. Pembayarannya pun bisa dilakukan secra online melalui aplikasi Halodoc. Anda harus menyiapkan beberapa ratus rupiah untuk bisa melakukan tes PCR di rumah sakit pemerintah ataupun swasta. Beberapa rumah sakit swasta ada yang sudah menyediakan paket rapid test dan swab untuk memudahkan pelayanan. 

Itulah ulasan menarik dari rapid test yang sedang digalakkan oleh pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus corona di masyarakat. Dengan melakukan rapid test tersebut maka diharapkan akan bisa memutus rantai penyebaran Covid di masyarakat secara lebih luas. Anda bisa melakukan pendaftaran untuk melakukan tes dari pemerintah ini melalui aplikasi kesehatan yang sudah bekerja sama dengan pemerintah. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »