PERSIAPAN TELPON UNTUK BEPERGIAN KE LUAR NEGERI


Banyak dari traveler yang tidak sadar kesulitan berkomunikasi saat berada di negara berbeda. Jangan sampai ponsel Anda tidak bisa terpakai, atau malah pulsa habis tanpa sadar. Dari Huffington Post, inilah cara menyiapkan ponsel saat melancong ke luar negeri:

1. Buat persiapan

Ketahuilah, hanya ponsel berjaringan GSM dan CDMA yang bisa digunakan di luar negeri. Jadi pastikan Anda membawa ponsel dengan jenis demikian. Jika Anda tidak ingin mengganti kartu, pastikan sudah mendaftarkan paker roaming sebelum pergi. Banyak dari provider yang memberikan paket telepon dan data di beberapa negara yang banyak didatangi wisatawan Indonesia.

Jika ingin membeli kartu lokal, pastikan Anda mengetahui semua paket data yang disediakan provider tersebut. Jika tidak terlalu mengerti, mintalah penjual kartu untuk mensetting kartu untuk Anda sampai siap digunakan.

2. Pilih paket SMS

Kebanyakan traveler menggunakan ponsel untuk memberi tahu orang rumah atau orangtua bahwa mereka sudah sampai dengan selamat di tempat tujuan. Banyak dari orangtua yang tidak terlalu mengerti chatting, jadi pilihlah paket SMS. Selain itu, kebanyakan paket SMS lebih murah dan tidak memakan pulsa dengan misterius dibanding paket internet atau paket telepon.

3. Matikan data

Hampir semua orang sudah menggunakan ponsel pintar atau smartphone sebagai ponsel mereka. Hati-hatilah saat traveling ke luar negeri dan tidak mematikan data. Karena, meski tidak menggunakan internet, pulsa Anda tetap bisa ludes jika tidak mematikan data.

Jangan senang jika ponsel Anda tetap bisa menerima email atau chatting meski sudah berada di luar negeri. Segera matikan data yang bisa dicari di menu setting. Paling aman, matikan data sesaat sebelum berangkat sehingga Anda tidak perlu kuatir akan kehabisan pulsa dengan misterius.

4. Download banyak aplikasi

Banyak aplikasi mobile yang bisa didownload dengan gratis yang bisa memudahkan perjalanan Anda. Seperti aplikasi perbedaan waktu, nilai tukar uang, itinerary dan lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan perjalanan, sehingga Anda tak perlu repot-repot buka internet dan mencari tahu perbedaan atau informasi tertentu karena sudah ada di aplikasi.

5. Sediakan semua favorit Anda di dalam ponsel

Perjalanan bisa saja membosankan, ponsel atau gadget kadang bisa jadi penyelamat yang sangat berguna. Siapkan lagu terbaik dan paling favorit di ponsel yang bisa didengarkan sepanjang perjalanan.

Jika Anda suka bermain, downloadlah banyak permainan yang bisa membuat lupa waktu barang sejenak. Nah, bagi yang suka baca, bisa juga mendownload soft copy buku favorit. Selain praktis, e-book juga bisa mengurangi beban koper Anda.

6. Cek memori ponsel

Saat melihat sunset yang cantik, rasanya sayang sekali jika tidak diabadikan dengan kamera. Ups, ternyata memori di ponsel Anda sudah penuh. Jangan sampai hal menyebalkan ini terjadi pada Anda.

Sebelum pergi, ada baiknya mengecek memori ponsel Anda. Jika ternyata tinggal sedikit, bisa pindahkan sebagian besar foto atau lagu yang ada di sana ke laptop atau hard disk. Atau, bawalah memori dengan kapasitas yang besar.

7. Cari provider yang paling menguntungkan

Sebelum pergi, pastikan Anda mengetahui apa saja provider yang ada di kota tujuan liburan. Selain itu, pastikan juga bahwa provider ini memiliki sinyal yang baik, terutama jika ingin menjelajah pelosok daerah. Setelah memastikan kedua hal tersebut, cari tahu macam promo paket yang bisa diambil. Gunakan paket telpon international dari smartfren.com agar lebih hemat menelpon ke luar negeri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »