Menjelang Musim Hujan, Ini Cara Mencegah Atap Rumah Bocor!

Ayead Gaptek 12:28 AM
Atap Rumah
Sumber: pinterest.com

Saat musim hujan tiba, rasa panik dan was-was pun menghampiri. Khawatir atap rumah bocor dan bikin rumah jadi banjir. Jika atap rumah bocor pastinya bakal sangat merepotkan sekali. Selain bisa membuat rumah kebanjiran, atap rumah yang bocor juga dapat mengakibatkan kerusakan pada furniture seperti kursi, lemari, ranjang, atau furniture kayu lainnya. Kondisi rumah pun makin gak nyaman karena ada wadah penampung air di sudut-sudut ruangan. 

Hal seperti ini sebenernya gak perlu terjadi kalau kita tahu cara mencegah atap bocor serta masalah lainnya. So, jangan anggap sepele masalah atap bocor ini sebab akan mempengaruhi banyak hal. Berikut kami telah merangkum beberapa cara mencegah atap bocor yang bisa kamu simak dan terapkan!


1. Perhatikan Kemiringan pada Atap

 
Kemiringan Atap
Sumber: pinterest.com


Atap rumah umumnya didesain miring supaya saat hujan airnya mengalir ke bawah dengan lancar. Kalau atap rumah kamu cukup datar dan landai, maka kebocoran atap pun bisa terjadi sebab air hujan yang turun lambat. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan kemiringan pada atap rumah. Biasanya kemiringan atap berkisar 30 sampai 40 derajat. Ada baiknya kurangi juga sambungan atap sebab hal ini juga bisa menyebabkan kebocoran. Kalau hal ini telah diatur saat pembangunan, maka kamu bisa lebih tenang tanpa khawatir atap rumah bocor. 

2. Perbaiki Posisi Genteng yang Melorot


Atap Rumah
Sumber: pinterest.com
Secara gak sengaja, seng atau genteng atap rumah bisa saja melorot karena angin kencang. Jika hal ini terjadi, segeralah perbaiki posisi genteng ke arah yang seharusnya. Sehingga atap bocor pun bisa teratasi dengan baik. Cobalah untuk rutin memeriksa kondisi atas rumah supaya permasalahan atap bocor dapat diatasi lebih dini.

3. Periksa Talang Air

 
Talang Air
Sumber: pinterest.com

Periksalah kondisi talang air secara berkala. Kalau ada kebocoran, maka segera perbaiki sebelum makin parah atau ganti talang air dengan yang baru. Harga talang air sendiri cukup terjangkau kok, yakni kisaran Rp 60 ribu - 100 ribu. Tergantung merek talang air yang kamu pilih. Ada banyak hal yang menyebabkan talang air bocor, yaitu sambungan yang lepas, keretakan atau lem yang tidak kuat. Selain itu, periksa juga talang air, apakah ada sampah yang hinggap seperti daun-daun kering? Kalau ada, segeralah bersihkan sampah tersebut karena ini bisa menghambat aliran air hujan.

4. Melapisi Genteng dengan Waterproofing 

 
Waterproofing
Sumber: pinterest.com

Waterproofing ini berguna untuk membantu menambal kebocoran pada atap rumah supaya tidak bermasalah lagi. Menggunakan waterproofing untuk melapisi atap rumah yang bocor bisa menjadi solusi terbaik buat kamu coba. Keelastisan serta daya perekatnya yang kuat mampu menutupi keretakan pada atap rumah, sehingga mampu mengatasi rembesan air hujan. Cocok banget buat kamu yang sering bermasalah dengan atap rumah bocor. 

5. Segera Ganti Genteng yang Rusak

Ganti Genteng
Sumber: pinterest.com
Selain karena terinjak, genteng juga bisa rusak dan rapuh karena kualitasnya yang sudah termakan usia. Kalau hal ini terjadi terkadang dari kalian lupa buat menggantinya dengan yang baru. Alhasil, masalah atap bocor pun terjadi dan bikin kita kerepotan sendiri. Maka dari itu, penting sekali untuk memeriksa atap rumah secara berkala. Dengan memeriksa kondisi genteng, masalah atap bocor dijamin akan teratasi dengan baik.

Yuk, segera atasi atap rumah bocor dengan melakukan cara-cara diatas. Sehingga kamu bisa lebih tenang dan gak khawatir lagi saat musim hujan tiba. Semoga bermanfaat, ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »