4 Alasan Mobil tetap Perlu Dicuci Meskipun Musim Hujan

Ayead Gaptek 5:42 PM

 

Cuci Mobil

Hujan merupakan penyebab utama mobil yang kotor. Bukan rahasia pula bila banyak orang merasa malas untuk mencuci mobil di kala musim hujan, dengan alasan mobil akan cepat kembali kotor ketika hujan turun. Tapi ternyata, sengaja tidak mencuci mobil setelah terguyur air hujan merupakan kesalahan yang fatal, juga memiliki banyak akibat buruknya, lho. Salah satunya adalah menurunkan nilai mobil di daftar harga mobil bekas, karena adanya kerusakan pada permukaan mobil. Untuk itulah, mobil tetap perlu Anda cuci secara rutin meski sedang musim hujan. Berikut adalah beberapa alasan pendukung mengapa mobil perlu untuk rajin dicuci selama musim penghujan. 

1. Kadar garam pada air hujan

Alasan pertama mengapa Anda harus rajin untuk mencuci mobil pada musim hujan adalah kadar garam pada air hujan. Pasalnya, air hujan merupakan kumpulan air yang menguap, dengan sumber uap air sebagian besarnya berasal dari laut. Uap dari laut inilah yang memberikan banyak kandungan garam pada hujan. Jika dibiarkan terlalu lama menempel pada mobil, permukaan mobil atau cat mobil dapat menjadi lebih cepat rusak atau terkelupas, bahkan dapat menyebabkan karat.

2. Air hujan sudah tercampur oleh polusi

Tidak hanya uap air, polusi juga merupakan komponen lain yang ada di dalam air hujan. Ketika hujan turun, polusi tersebut tentunya akan terbawa bersama air hujan kemudian menempel pada permukaan kendaraan Anda. Jika sudah tercampur dengan polusi, kandungan asam dalam air hujan tentunya akan menjadi lebih tinggi. Nah, membiarkan campuran air hujan dan polusi ini menempel pada permukaan mobil terlalu lama sudah pasti akan menimbulkan karat yang merusak fisik mobil.

3. Kandungan oksigen terlarut yang tinggi

Selain garam dan polusi, kandungan lain yang terdapat pada air hujan adalah oksigen. Meskipun tidak kasat mata, permukaan mobil pasti memiliki retakan yang ukurannya sangat kecil dan dapat dimasuki oleh oksigen yang terlarut dalam air hujan. Hal ini juga tentunya dapat menjadi penyebab utama munculnya karat pada mobil. Maka dari itu, Anda wajib untuk lekas menyiram mobil meskipun hanya dengan air bersih setelah terguyur hujan.

4. Cat menjadi lunak

Jika dibiarkan terlalu lama, air hujan yang menempel pada permukaan mobil dapat membuat cat menjadi lebih cepat lunak. Akibatnya adalah mobil akan tampak lebih kusam bahkan bisa membuat cat mobil terkelupas. Kalau sudah begini, tampilan mobil pun menjadi tidak bagus. Tapi perlu diingat juga bahwa menghilangkan air hujan yang menempel pada mobil tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Cara paling tepatnya adalah mencuci mobil dengan benar dan mengeringkannya menggunakan kain lap microfiber.

Nah, itulah dia sederet alasan mengapa mobil Anda harus tetap sering dicuci meskipun saat musim hujan. Semoga bermanfaat!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »