Penyakit Berbahaya Yang Disebabkan Oleh Pencemaran Lingkungan Artikel SehatQ.com

Ayead Gaptek 5:51 PM

 

Ilustrasi Pencemaran Lingkungan

Penyakit yang timbul pada masyarakat lebih banyak disebabkan oleh lingkungan yang tercemar serta pola makan yang tidak sehat. Bahkan terdapat penelitian yang menemukan bahwa terdapat sekitar 20 juta kematian yang terjadi setiap tahunnya disebabkan oleh tercemarnya lingkungan hidup. Untuk info selengkap nya yuk cek artikel kesehatan sehatQ.com

Beberapa Penyakit-Penyakit Berbahaya Yang Disebabkan Lingkungan Tercemar

1. Gangguan Kesehatan Jantung

Salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh lingkungan tercemar adalah gangguan kesehatan pada jantung. Penyakit ini lebih disebabkan oleh udara yang tidak sehat serta didominasi oleh zat-zat yang berbahaya. Fungsi dari jantung yaitu mengumpulkan oksigen untuk organ-organ tubuh lainnya agar tetap berfungsi dengan sehat.

Jika setiap harinya jantung mengumpulkan oksigen dengan pencemaran udara dan zat-zat berbahaya tentunya kondisi kesehatan jantung dapat terganggu. Jika hal tersebut terjadi maka sejumlah penyakit- penyakit serius akan mudah terjadi, contohnya jantung corner dan penyumbatan pembuluh darah. Untuk info yang lebih lengkapnya simak artikel kesehatan sehatQ.com

2. Asma

Asma merupakan penyakit yang disebabkan oleh kondisi udara yang kotor serta mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh. Yang mana zat berbahaya tersebut jika masuk pada saluran pernapasan akan mengganggu kelancaran atau proses bernapas. Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah sesak napas, batuk, napas yang berbunyi dan lain sebagainya. 

3. Typhus

Penyakit yang satu ini sangat sering dialami oleh banyak orang. Namun juga sering diremehkan atau diartikan sebagai akibat dari kurangnya istirahat serta lelah biasa. Padahal jika penyakit ini tidak di tangani dengan serius dapat membahayakan keselamatan jiwa. Cara kerja dari penyakit ini dapat melemahkan tubuh serta mengganggu sistem pencernaan.

Adapun bagi anda yang mengidap penyakit ini, disarankan untuk melakukan istirahat yang total serta mengonsumsi makanan yang bergizi dengan tekstur yang halus agar tidak mengganggu pencernaan. Selain itu anda harus menjaga lingkungan tetap bersih agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

4. Diare

Bakteri yang dapat menyebabkan penyakit diare selalu berkembang pada tempat-tempat yang kotor. Jika makanan atau air yang kotor dikonsumsi, maka bakteri yang terdapat dalam tubuh tersebut dapat menyebabkan diare. Mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk pencegahan penyakit ini.

Selain mencuci tangan, makan yang dikonsumsi harus higienis serta bergizi. Hal ini juga merupakan cara mudah untuk menghindari penyakit yang satu ini. Oleh karena itu jadikan mencuci tangan dan mengkonsumsi makanan sehat sebagai kebiasaan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari anda. 

5.  Kanker Paru-Paru

Penyakit yang dapat disebabkan oleh lingkungan yang tercemar lainnya adalah kanker paru-paru. Beberapa zat yang terdapat pada polusi udara dapat memicu timbulnya kanker paru-paru. Zat-zat yang berbahaya tersebut jika mengendap dan menumpuk dalam paru-paru terus menerus akan sangat membahayakan.

Zat tersebut membahayakan dikarenakan dapat berpotensi menimbulkan kanker. Untuk mengantisipasi hal tersebut anda dapat menggunakan masker ketika berada di tempat yang udara nya kotor serta polusi yang tinggi. Untuk informasi selengkapnya anda dapat menyimaknya di artikel kesehatan sehatQ.com 

Beberapa penyakit pada ulasan tersebut merupakan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Baik yang disebabkan polusi udara, air yang kotor, ataupun makan yang dimakan tidak higienis. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk menjaga lingkungan sekitar agar anda, keluarga maupun masyarakat sekitarnya tidak terkena penyakit yang membahayakan. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »