Cara Membuat dan Membayarpajak dengan E Billing Online

Ayead Gaptek 6:06 PM

 

E Billing Online

Sebagai warga negara yang baik, kita wajib memenuhi kewajiban kita untuk membayar pajak yang diamanatkan oleh negara. Untuk urusan satu ini, kita memang tidak boleh lalai dengan alasan apapun. Dijaman yang serba modern seperti sekarang ini, kalian bisa membayar pajak dengan lebih mudah karena ada banyak fitur online untuk membayar pajak. Salah satu fitur yang sangat membantu adalah e billing online. Disini, kalian bisa membayar pajak dengan lebih mudah karena menggunakan aplikasi sehingga kalian tidak perlu pergi ke kantor pajak karena hanya dengan menggunakan ponsel kalian bisa membayar pajak dengan mudah. 

Apa itu e billing online?

Perlu kalian ketahui bahwa e-billing merupakan salah satu sistem yang digunakan untuk membayar pajak secara onlinee. Sistem ini sendiri dihadirkan untuk memfasilitasi seseorang untuk membayar pajak sehingga mereka bisa membayar pajak tepat waktu karena dinilai lebih simpel dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Sistem e-billing ini sendiri berbeda dengan sistem terdahulu karena wajib pajak membayar pajak secara manual dengan media surat setoran pajak (SPP). Dengan e-billing, pajak dibayarkan secara online dengan terlebih dahulu membuat kode e-billing atau ID Billing sebagai portal pembayaran pajak. Oleh karena itu, kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk membayar pajak untuk negara. 

Bagaimana cara membuat e-billing online?

Untuk membuat E-billing ini sendiri pada dasarnya tidak terlalu sulit. Kalian hanya perlu masuk dengan menggunakan nomor NPWP, kata sandi, dan kode keamanan di djponline.pajak.go.id/account/loin. Setelah itu, kalian bisa klik menu bayar dan klik e-billing. Selanjutnya akan muncul data NPWP kalian, nama dan juga alamat yang sudah terisi secara otomatis dan setelah itu lengkapilah informasi yang belum terisi. Untuk membuat e billing online ini sendiri pada dasarnya tidak terlalu sulit karena kalian hanya perlu mengisi NPWP serta informasi lain yang ada pada situs. Jika sudah selesai maka kalian bisa klik buat kode e-billing. Jangan lupa untuk memasukkan kode keamanan dan tampilan preview data akan mucul. Setelah itu, silahkan untuk cek kembali. Jika sudah maka kode e-billing sudah jadi dan selesai. 

Tips mudah membayar Pajak di e billing online

Jika kalian sudah paham apa itu e-billing dan bagaimana cara membuatnya maka selanjutnya kalian juga perlu mengetahui bagaimana cara membayar pajak di aplikasi satu ini. Untuk lebih rinci mengenai cara pembayar online maka kalian bisa melakukan dengan beberapa langkah. Langkah pertama yaitu dengan memilih menu e-billing system pada home DJP online setelah login. Setelah itu, kalian bisa memilih menu Isi SSE. Jangan lupa untuk memperhatikan karena kalian akan mendapatkan form surat setoran elektronik yang harus kalian isi. Setelah selesai, maka data pada formulit akan terisi secara otomatis dan yang perlu kalian lakukan hanya perlu mengubah pada kolom jenis pajak, jenis setoran, masa pajak, tahun pajak, uraian pajak yang dibayarkan dan jumlah setoran. 

Setelah itu, kalian bisa merampungkan pengisian yang ada pada e-billing. Jika sudah selesai jangan lupa untuk klik simpan dan klik  pada pilihan kode billing. Jika sudah, maka kalian bisa klik cetak kode billing dan jika sudah mendapatkan kode billing maka bayar pajak online melalui aplikasi ini sudah selesai. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai e billing online, kalian bisa klik https://klikpajak.id/aplikasi-pajak-online/e-billing/. Disini, kalian bisa mendapatkan informasi terkait e-billing dengan aplikasi terbaik. 


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »